Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

KEREN! INI KARYA BATIK ANAK-ANAK EEC CEPU




Cepu- Pelatihan membatik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Excellent Edu Center (EEC) Cepu selesai hari ini. berbagai motif dan corak batik yang berhasil dibuat anak-anak, ternyata tak kalah dengan karya orang dewasa.

“Sekarang, hasil karya anak-anak bisa dibawa pulang dan ditunjukkan ke orang tuanya,” ucap tutor pelatihan batik LKP EEC Cepu, Khoirul Anisa di lokasi kegiatan, kompleks perumahan Griya Mustika Sejahtera (GMS) Kecamatan CepuKabupaten Blora, Sabtu (13/07).

 

Peserta pelatihan membatik di LKP EEC Cepu menunjukkan hasil karyanya

Peserta pelatihan membatik di LKP EEC Cepu menunjukkan hasil karyanya

 

Menurut Anisa, anak-anak antusias mengikuti latihan ini sejak hari pertama, pada Kamis (11/07) kemarin. Bahkan, anak-anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak terlihat sangat bersemangat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan saat liburan tersebut.

“Ada juga Fafa dan Neva,  dua peserta terkecil yang masih TK, sudah bisa mengikuti apa yang saya jelaskan, dan hasilnya sangat mengagumkan,” imbuhnya.



 

Baca: NYANTING DAN NGLOROD, ANAK-ANAK CEPU BELAJAR BIKIN BATIK

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan ini para peserta latihan membatik belajar bagaimana cara membuat pola, mencanting, mewarnai pola, blok warna dengan lilin, menguci warna dengan waterglass, dan melakukan lorod.

Lorod, merupakan tahapan pembuatan batik, dimana kain yang telah diwarnai tersebut akan dilarutkan lilinnya. Caranya, dengan merebus kain tersebut sehingga lilin yang ada akan larut. Setelah itu, kain akan dijemur hingga kering.

Tak hanya itu, sembari menunggu kain tersebut kering, anak-anak juga diajak berlatih ecoprint. Ecoprint merupakan salah satu metode mewarnai kain, dengan memanfaatkan kandungan warna alami pada tumbuhan yang ditumbuk, kemudian dikukus.

Hasil batik anak-anak ini, antara lain batik bermotif buah, tetumbuhan, ornamen, dan berbagai macam corak lainnya, dengan aneka warna cerah. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak memiliki apresiasi terhadap kekayaan seni lokal, yakni Batik Cepu. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan