BLORA KINI PUNYA ALAT DETEKSI COVID-19

Blora- Pemerintah Kabupaten Blora baru saja mempunyai alat pendeteksi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di lpse.blorakab.go.id.

 

Ilustrasi swab test

Ilustrasi pengambilan sample swab test/pcr

 

Plt. Kepala DKK Blora, Henny Indrawati membenarkan hal tersebut. Dalam pengadaan tersebut Pemkab Blora belanja Reagen PCR dengan nilai pagu paket Rp 1.200.000.000,00 dan pengadaan PCR portable nilai pagu paket Rp 2.100.000.000,00.

“Sudah ada dan sudah diuji coba. Saat ini masih melengkapi persyaratan untuk ajukan ijinnya,” ungkapnya.

Seperti yang diberitakan Bloranews sebelumnya, dengan memiliki alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) mandiri tak perlu lagi pergi ke rumah sakit luar kota untuk  untuk melakukan pemeriksaan tes swab atau usap tenggorokan.

Dikutip dari detikhealth Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit COVID-19.

Sedangkan PCR portable merupakan alat pendukung untuk tes usap yang bisa dibawa ke mana-mana, sehingga memudahkan petugas yang melakukan tes.

Untuk dapat digunakan alat tersebut membutuhkan yakni sertifikasi bio-safety cabinet level 2 serta izin dari Kementerian Kesehatan. (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan