fbpx

HARMONISASI UMAT TERPANCAR PADA KIRAB OBOR POSPENAS IX

Harmonisasi antar umat terpancar pada kirab obor pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX. Dalam pembukaan tersebut, obor Api Mrapen telah dinyalakan sebagai tanda dimulainya Pospenas IX.
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dalam kirab obor pembukaan Pospenas IX.

Grobogan, BLORANEWS – Harmonisasi antar umat terpancar pada kirab obor pembukaan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX. Dalam pembukaan tersebut, obor Api Mrapen telah dinyalakan sebagai tanda dimulainya Pospenas IX.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, ajang ini adalah turunan metode dakwah para pendahulu dalam menyebarkan agama Islam di Tanah Air. Seperti Wali Songo dan para kiai yang berdakwah melalui kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah.

“Adanya multi event tiga tahunan itu, lanjutnya, diharapkan semakin meningkatkan sinergitas antara santri, ulama, dan pemerintah,” ungkapnya di sela acara kirab obor di kompleks wisata Api Abadi Mrapen, Grobogan, Senin (21/11/2022).

Wagub menambahkan, ajang tiga tahunan tersebut diikuti oleh 2.876 orang santri dari 34 provinsi di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur menandaskan bahwa dalam ponpesnas kali ini mensinergikan empat hal.

“Pertama olah pikir, dimana santri diajak berfikir dan diajari ilmu logika. Kedua olah rasa melalui seni, seperti yang dilakukan para wali pada zaman dahulu saat mengajarkan agama dengan seni. Ketiga olah jiwa yang diisi dengan pendekatan spiritual. Dan keempat adalah olahraga,” terangnya.

Adapun Pengambilan api pertama pawai obor Pospenas ini dilakukan oleh seorang santri atlet pencak silat kemudian secara estafet diserahkan kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur, lalu diserahkan kepada santri atlet.

Api obor Pospenas selanjutnya dikirab bersama rombongan Pawai Santri Nusantara. Sementara Wakil Gubernur Taj Yasin serta pejabat terkait lainnya mengikuti kirab dengan berlari kecil sampai di gerbang kompleks Api Abadi Mrapen.

Sebelum dikirab menuju Stadion Manahan Surakarta, kirab obor akan singgah di Ponpes Girikusumo Mranggen Demak dan Ponpes Al Mas’udiyah, Bandungan, Kabupaten Semarang, untuk meminta doa dan restu para kiai agar kegiatan multi event yang berlangsung lancar dan aman. (*)