BUMBU DAPUR SEDERHANA INI, UBAH UNGKER JADI SAJIAN ISTIMEWA



Blora – Mengolah ungker menjadi sajian nan lezat, tidak membutuhkan waktu lama dan bahan yang banyak. Cukup dengan bumbu dapur seadanya, ungker yang semula terlihat menjijikkan, berubah menjadi sajian yang menggoda selera.

 

Tumis Ungker dengan irisan bawang putih dan cabai merah.

 

“Bahannya, cukup dengan rajangan bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan penyedap rasa secukupnya. Itu untuk membuat Tumis Ungker,” ujar Wulan (25), ibu rumah tangga di Desa Gedongsari Kecamatan Banjarejo, Blora yang gemar memasak ungker, Rabu (31/10).

Lebih lanjut, Wulan mejelaskan tahapan membuat seporsi tumis ungker. Pertama, ungker harus dicuci hingga bersih kemudian direbus hingga matang. Kematangan ungker, dapat diketahui dari perubahan warnanya.

“Mulanya, ungker berwarna hitam kecoklatan setelah direbus maka akan berubah warna menjadi merah kecoklatan. Setelah itu, ungker dapat langsung ditumis seperti biasanya,” paparnya.

Tak hanya itu, ungker juga dapat diolah menjadi sayur lodeh, sayur asem-asem, balado hingga rempeyek. Bahan yang digunakan dan cara memasaknya pun tak jauh beda. Menurut banyak orang, ungker dipercaya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

“Banyak yang meyakini jika menyantap enthung dapat menghilangkan nyeri pegal linu dan alergi pada kulit,” pungkas Wulan. (riz)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.