fbpx

DISUMPAH, 48 PANWASCAM SE BLORA AWASI PEMILU 2018-2019 DENGAN NETRAL

Ketua Panwas Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan.

Cepu – Sebanyak 48 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Blora dilantik di Hotel Arra Cepu, Sabtu (14/10/2017), sekitar pukul 10.30 Wib.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Panwas Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan, yang melaksanakan pengambilan sumpah dan janji kepada para panwascam. Ia menegaskan, mereka yang dilantik telah menjadi keluarga besar penyelenggara pemilu. Yakni, bagian dari jajaran Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia.

 

Ketua Panwas Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan.

 

“Mulai saat ini, tanggungjawab tugas pengawasan Pemilihan Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 di Kecamatan terpanggul dipundak anggota panwascam,” ucap Lulus saat membacakan sambutan Ketua Bawaslu Jateng.

Panwascam nantinya akan melaksanakan tugas pengawasan pada Pemilihan Gubernur  dan  Wakil  Gubernur,  Bupati  dan  Wakil Bupati, Walikota  dan  Wakil  Walikota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Juga Pemilu  Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta Pemilu Presiden dan  Wakil Presiden  Tahun 2019.

Menurutnya, untuk dapat mengemban tugas sebagai anggota Panwascam, tentunya dituntut untuk bekerja penuh tanggung jawab, teliti, jujur, adil, dan independen serta menjaga netralitas. Sehingga pemilu berjalan lancar, aman, sukses, bermutu dan berkeadilan.

“Kita tengah berpacu dengan waktu. Panwascam untuk secepatnya berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing. Mengusulkan Sekretariat Panwascam dan memulai proses Pembentukan PPL,” ungkapnya.

Selanjutnya panwascam diminta segera menyusun program kerja dan kegiatan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pemilihan berikutnya.

Dalam sumpahnya para pengawas pemilu itu, mengucapkan bahwa akan bekerja netral dan independen dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap jalannya pemilu.

Kata Lulus, perlu adanya kedewasaan diri dari seluruh Panwascam untuk menjalankan tugas. “Tugas ini sangatlah berat. Kejujuran dan kedewasaan diri sangat dibutuhkan untuk menjalankan amanah dengan baik. Semoga kita mampu mengemban amanah ini dan mampu mewujudkan pemilu yang berkeadilan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Bupati Blora Djoko Nugroho melalui  Kabag Tapem Setda Blora, Sudarmono, bahwasanya panwascam nantinya diharapkan menjaga independensi dan netralitasnya dalam penyelenggaraan pemilu.

“Dengan menjaga netralitas, agar panwas selalu mendapatkan kepercayaan publik sebagai penyelenggara pemilu, khususnya dalam hal pengawasan,” ucapnya singkat. (*)

Reporter : Ngatono