fbpx

RATUSAN SENIMAN BLORA GELAR AKSI PROTES DI GOA SENTONO

Ratusan seniman Reog dari berbagai kota menggelar aksi "Orasi" di Goa Sentono, Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Blora, Minggu (10/4/2022). Mulai dari Blora, Purwodadi, Ngawi dan Bojonegoro dan lainnya. Aksi tersebut dilatarbelakangi karena Reog diklaim milik Malaysia dan akan didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).
Seniman reog gelar aksi protes.

Kradenan – Ratusan seniman Reog dari berbagai kota menggelar aksi “Orasi” di Goa Sentono, Desa Mendenrejo, Kecamatan Kradenan, Blora, Minggu (10/4/2022). Mulai dari Blora, Purwodadi, Ngawi dan Bojonegoro dan lainnya. Aksi tersebut dilatarbelakangi karena Reog diklaim milik Malaysia dan akan didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

BACA JUGA :  AKSI ADI PEDULI ODGJ TAK TERURUS

“Pertunjukan ini sebagai bentuk protes kami terhadap Malaysia yang akan mendaftarkan Reog ke UNESCO. Padahal Reog ini asli dari Ponorogo Indonesia,” ujar Hanafi.

Lebih lanjut Hanafi berharap kepada pemerintah Indonesia untuk segera mendaftarkan Reog sebagai kesenian asli Indonesia ke UNESCO.

“Aksi ini perwakilan dari Blora untuk Indonesia. Pemerintah harus segera mendaftarkan Reog ke UNESCO. Reog ini kesenian asli Ponorogo Indonesia bukan dari Malaysia,” tegasnya.

BACA JUGA :  BLORA HUJAN DEMONSTRAN

Ratusan seniman menggelar aksi tarian dan atraksi Reog warisan budaya tak benda tersebut. Ratusan penonton pun memadati Goa Sentono yang terletak tepat dipinggir sungai Bengawan Solo.

Diketahui, Reog adalah tarian tradisional dalam arena terbuka yang berfungsi sebagai hiburan rakyat. Mengandung unsur magis. Penari utama adalah orang berkepala singa dengan hiasan bulu merak. Ditambah beberapa penari bertopeng dan berkuda lumping dan reog asli dari Indonesia.

BACA JUGA :  AKSI LINGKUNGAN, ANSOR SENDANGWUNGU TANAM POHON IDENTITAS DESA

Reog merupakan salah satu seni budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut. dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. (Sub).